ESQ Signifikan Gantikan Opspek


Suasana Training ESQ untuk mahasiswa baru di Universitas Indonusa Esa Unggul

Suasana Training ESQ untuk mahasiswa baru di Universitas Indonusa Esa Unggul

Kian banyak perguruan tinggi yang mengadopsi training ESQ dalam kegiatan inisiasi kampus. Dengan ESQ, mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggungjawab dan tujuan kuliahnya.

Bertambah lagi daftar tra­gedi kegiatan ini­siasi kampus yang diniat­kan sebagai upaya menge­nalkan para mahasiswa baru pa­da kehidupan kampus. Seorang ma­hasiswa Jurusan Geodesi Ins­ti­tut Teknologi Bandung mening­gal dunia saat menjalani ritual pengukuhan anggota Ikatan Ma­ha­siswa Geodesi (IMG) pada 8 Februari lalu.

Sudah banyak upaya dila­ku­kan untuk menyegah teru­lang­nya tragedi seperti itu. Be­berapa perguruan tinggi mene­rapkan peraturan ketat bagi pe­nyelenggaraan kegiatan yang biasa disebut “Opspek” itu, dengan sanksi keras bagi pelanggarnya. Tak jarang, kasusnya berlanjut ke meja hijau. Namun, tragedi itu terjadi lagi dan lagi.

Sejalan dengan upaya penye­gahan tersebut, belakangan sema­kin banyak perguruan tinggi ne­geri dan swasta di Indonesia yang mengadopsi training ESQ dalam kegiatan inisasi kampus. Sebagian memasukkan training ESQ sebagai bagian dari Opspek, sebagian lagi menjadikan training ESQ sebagai penggantinya.

Institut Teknologi Sepuluh No­vember (ITS) Surabaya termasuk perguruan tinggi pertama yang menyediakan training ESQ bagi mahasiswa baru. Pembantu Dekan I FMIPA ITS Dr Syafsir Akhlus, M.Sc mengatakan, ESQ adalah sa­lah satu alternatif terbaik un­tuk pengembangan sumberdaya manusia.

Menurut dia, tak salah mana­jemen ITS menjadikan ESQ seba­gai bagian dari materi orientasi mahasiswa baru. “Saya berharap, mahasiswa baru menemukan jati diri yang sesungguhnya setelah training ESQ,” ujar Syafsir.

Akademi Keperawatan (Akper) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) dan Akademi Kebidanan (Akbid) Ngudi Waluyo Ungaran, Jawa Tengah, sudah dua tahun ini menghapuskan Opspek, karena dinilai cenderung mengarah kepa­da kekerasan. Sebagai gantinya, training ESQ disediakan bagi para mahasiswa baru.

Stikes Dharma Husada Ban­dung juga telah menghapus Ops­pek dan menggantinya dengan training ESQ. Selain keduanya, sederet perguruan tinggi kesehatan telah megadopsi training ESQ untuk kegiatan inisiasi kampus, antara lain Akademi Kebidananan Muhammadiyah Jakarta, Akper Muhammadiyah Jakarta, Akbid Al-Fatonah Serang, Akbid Kartika Mitra Husada Jakarta, Akper Hanguah Jakarta dan Stikes Fort de Kock Bukittinggi.

Training ESQ juga diberikan kepada para mahasiswa baru di Universitas Indonusa Esa Unggul (UIEU) Jakarta, Universitas Yar­si Jakarta, Universitas Jende­ral Soe­dirman Purwokerto, Univer­sitas Andalas Padang, Universitas Putra Indonesia Padang, dan Universitas Baiturrahmah Padang.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UIEU, Irwan Ibrahim, SE, mengatakan training ESQ membawa pengaruh yang signi­fikan dalam mengubah paradigma mahasiswa. Menurut dia, training ESQ membantu mengurangi secara signifikan efek negatif kegiatan inisiasi kampus, yang di UIEU dinamakan Pengenalan Studi dan Akademis (PeSTA).

Irwan menyeritakan bagaimana upaya UIEU dalam menyegah efek negatif inisiasi kampus seperti perploncoan, intimidasi serta ke­ke­rasan fisik maupun psikis terhadap mahasiswa baru. Salah satunya adalah dengan mengganti nama Opspek menjadi “PeSTA” sejak 2002.

“Sekitar tahun 2005, kami mulai mendengar tentang training ESQ yang digagas Pak Ary Ginanjar. Kami tertarik, dan mulai mengkaji kemungkinan apakah training ESQ sejalan dengan PeSTA,” tutur Irwan Jumat lalu. Dia dan seorang lagi pejabat di Rektorat UIEU diutus mengikuti training ESQ.

Setelah itu, pihak ESQ LC mem­beri kesempatan kepada be­be­rapa pejabat lain di rektorat maupun fakultas untuk ikut training ESQ. Hasilnya, mereka sampai pada satu kesamaan pandangan bahwa training ESQ layak dimasukkan dalam program resmi, dalam hal ini diadakan sebelum PeSTA.

Menurut Irwan, training ESQ membuat perilaku mahasiswa UIEU kini menjadi santun dalam menyuarakan aspirasi kepada pim­pinan universitas. Tidak ada lagi budaya corat-coret yang tidak pada tempatnya, dan komunikasi antara pimpinan universitas dan organisasi mahasiswa tetap berlangsung dinamis. “Dengan training ESQ, mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggungjawab dan tujuan yang jelas mengapa mereka belajar di Universitas Indonusa,” kata Irwan.

Pandangan senada dikemuka­kan Menteri Pemuda dan Olah­raga Adhyaksa Dault, saat mem­berikan penghargaan kepada pe­mimpin ESQ LC Ary Ginanjar Agustian pada 28 Oktober 2008. ESQ, kata Adhyaksa, membentuk pola pikir dan mengarahkan orang untuk menentukan prinsip-prinsip yang harus diutamakan. “Saya mengharapkan ke depannya, training ESQ bisa menggantikan Opspek di sekolah dan perguruan tinggi,” katanya. Yanto Musthofa (ymusthofa_165@yahoo.com)

About these ads
Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Artikel, Training
5 comments on “ESQ Signifikan Gantikan Opspek
  1. alumni 50 mengatakan:

    gmn kl porm night anak SMP dan SMA skrg yg mereka adopsi dari budaya asing di ganti dengan training ESQ…he he he

  2. deden mengatakan:

    Kalau menurut saya sih, bukan cuma gantikan Opspek, namun alangkah baiknya bila metode dan materi pengajaran ESQ dilakukan mulai pendidikan dasar. Sehingga anak – anak kita mendapat bekal dasar emotional dan spiritual yang kuat yang menjadikan mereka lebih mudah mencerna ilmu yang lainnya.

  3. nurul muttaqin mengatakan:

    saya sepakat apa yang di katakan oleh bang deden tapi saya usulkan sama pemerintah juga mengkaji dan meneliti to berkarakter dalam nada – nada ESQ !!!!

  4. Abbas mengatakan:

    ESQ cocok untuk semua kalangan…
    saya rasa tidak harus menggantikan opspek saja…
    training ESQ ini bisa di jadikan hal yang wajib di negara ini…
    supaya warga negara indoneisia tercinta ini menemukan jati diri yang sesungguhnya setelah training ESQ..

    saya bisa merasakan dampak dari Training ini..
    I LOVE YOU ESQ Way 165…brafooooo

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ESQ Life Magazine

Cover edisi September 14. Untuk berlangganan, hubungi admin.

Jadwal training ESQ Way 165
Buku ESQ Jilid 1 & 2 (Mega Bestseller)
Buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ Way 165)

Telah terjual lebih dari 1,3 juta exp

DVD Paket ESQ Ary Ginanjar (Bestseller)
DVD Paket ESQ Ary Ginanjar
DVD Membangun Kinerja Para Juara
DVD Membangun Kinerja
DVD Success Through ESQWay165
DVD Success Through ESQ Way 165
DVD Paket ESQ for Teens
DVD Paket ESQ Teens
Al-Quran Cordoba The Amazing
Al-Quran Cordoba The Amazing
Hubungi Admin

Syamsul Arief
HP/WA/Line: 0853.1131.9907
BBM: 7DFDE3FB
Email: arief@esq-news.com

Bukti Pengiriman
Paket Buku Parenting
Paket Buku Parenting
Buku Mendidik karakter dengan Karakter
Buku Mendidik karakter dengan Karakter
Buku Bangkit dengan 7 Budi Utama
Buku Bangkit dengan 7 Budi Utama
Buku Spiritual Samurai
Buku Spiritual Samurai
Paket Buku Cerita Anak
Paket Buku Cerita Anak
Cergam 7 Budi Utama Kids
Paket Cergam 7 Budi Utama ESQ for Kids
Buku Miracle of Life
Buku Miracle of Life
Buku Jejak Langkah Menuju Indonesia Emas
Jejak Langkah Menuju Indonesia Emas

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Jumlah Pengunjung
  • 251,513 orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.365 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: