Dengan Spiritualitas Tingkatkan Produksi


Prestasi emas diraih Pertamina DOH Jawa Bagian Barat (DOH JBB) dan DOH Sumatera Bagian Selatan DOH Sumbagsel). Keduanya berhasil meningkatkan produksi secara signifikan. Spiritualitas menjadi faktor penting sukses tersebut.

Tak ada yang mengira itu, tahun 2003-2004, Pertamina Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) Cirebon yang kala itu di bawah kepemimpinan Subarkah Kustowo (General Manager DOH JBB) berhasil meningkatkan kapasitas produksi minyaknya dari 16.000 menjadi 22.000 BOPD (Barrel Oil Per Day). Sejak Juli 2003 produksi minyak hanya di bawah 16.000 BOPD, tetapi pada September 2003, produksi meningkat hingga mencapai 20.000 BOPD dan terus meningkat mencapai angka 22.000 BOPD.

Keberhasilan fantastis tersebut mendorong manajemen Pertamina menempatkan Subarkah Kustowo sebagai GM DOH Sumbagsel, sebuah daerah yang dianggap kompleks permasalahannya. Pilihan tersebut tak salah, terbukti DOH Sumbagsel mengalami peningkatan produksi yang sama fantastisnya dengan DOH JBB. Selama tahun 2004, terlihat adanya tren kenaikan produksi. Seperti pada Januari, angka rata-rata produksi mencapai  13.000 BOPD dan meningkat menjadi 16.000 BOPD. Bahkan, pernah dalam dua hari berturut-turut, angka produksi mencapai 18.000 BOPD yang merupakan puncak angka produksi.

Apakah prestasi tersebut sebuah kebetulan semata? Ternyata tidak.  “Kami menemukan korelasi positif antara kenaikan produksi dengan keikutsertaan karyawan dalam training ESQ. Motivasi karyawan menjadi meningkat,” aku Yarman Lubis, Manager SDM DOH JBB saat itu.  Menurutnya, sepanjang penilaian yang dilakukan perusahaan sekali setahun, terlihat adanya peningkatan motivasi, integritas, moralitas serta teamwork yang bermuara pada peningkatan kinerja perusahaan.

Berdasarkan fakta dan data, keterkaitan antara training ESQ dan peningkatan produktivitas Pertamina DOH JBB memang sulit dibantah. Agustus 2003, DOH JBB mengikutsertakan 28 karyawannya  dalam training ESQ. Satu bulan kemudian, tepatnya September 2003, terjadi kenaikan produksi minyak hingga mencapai 20.000 BOPD. Saat jumlah karyawan yang ikut training ESQ mencapai 382 orang, kenaikan terus terjadi hingga mencapai 20.500 BOPD melebihi target yang hanya sebesar 16.300 BOPD (lihat grafik A).

Fenomena spiritualitas juga terjadi di DOH Sumbagsel setelah training ESQ. Data yang didapat dari angket yang  disebarkan perusahaan kepada 450 karyawan menyimpulkan, 85%  menyatakan program training tersebut sangat baik dan bermanfaat dalam meningkatkan motivasi kerja. Bekerja, bagi mereka bukan lagi semata-mata untuk mendapatkan gaji, tapi lebih kepada tujuan  ibadah. Reward yang diharapkan sejatinya dari Sang Maha Pencipta. Nilai-nilai mulia pun menjadi cita-cita hidup untuk diterapkan saat bekerja seperti disiplin, tanggung jawab, kebersamaan dan kepedulian.

Data menunjukkan, sejak April 2004, ketika 19 orang karyawan DOH Sumbagsel ikut training ESQ, produksi mencapai 13.911 BOPD melebihi bulan sebelumnya yang hanya 13.423 BOPD. Puncaknya adalah pada Desember 2004 saat jumlah alumnus ESQ sebanyak 450 orang, produksi mencapai lebih dari 15.000-an BOPD (lihat grafik B).

Subarkah Kustowo yang saat itu masih menjabat sebagai General Manager, sosoknya dianggap  berperan penting dalam keberhasilan ini. Usahanya mengikutsertakan karyawan untuk training ESQ pada awalnya banyak menemui kendala, namun keyakinan kuat akan manfaat ESQ, membuatnya tak pantang menyerah.  Kini, tak sedikit karyawan yang antri untuk ikut serta. “Untuk mencapai hasil yang diharapkan, minimal setengah dari seluruh karyawan harus ikut ESQ,” ujarnya.

Subarkah tak asal bicara, ia sudah membuktikan ucapannya. Tinta emas berhasil ia torehkan. Spiritualitas menjadi salah satu (bahkan satu-satunya) jawaban untuk meningkatkan kinerja karyawan; bukan sebatas meningkatkan produksi, tapi juga mempraktikkan nilai-nilai kejujuran, kebersamaan, tanggung jawab, disiplin, kepedulian dalam lingkungan kerja dan masyarakat.

”Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…” (Al-A’raf: 96)

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s