Setelah Training ESQ Saya Lebih Dekat dengan Allah


Ilmunya yang luas tak menghalanginya untuk ikut training ESQ. Perubahan pun kini menghinggapinya. “Saya menjadi lebih dekat dengan Allah,” ujar Dr Ahmad Satori Ismail, alumnus ESQ Eksekutif 45 yang juga Ketua Umum Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi).

Dilahirkan 6 Desember 1955, pria berkacamata  ini mengaku mengenal ESQ sudah cukup lama saat ia hadir dalam acara-acara yang menjadikan Ary Ginanjar sebagai pembicara. Saat itu, lanjutnya, ia tak pernah secara utuh mendengarkan penjelasan  tentang ESQ.  Karena itu, keinginannya mendapat pemahaman menyeluruh tentang ESQ membuatnya tak ragu untuk mengikuti training ESQ Eksekutif angkatan 45, 23-26 Maret lalu di Jakarta Convention Center.

Menurut lulusan S3 Fakulta Adab jurusan Bahasa Arab Universitas Alminya Mesir ini, fenomena ESQ yang akhir-akhir ini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia  merupakan bukti bahwa spiritualitas telah menjadi kebutuhan bangsa ini. Kehadiran ESQ, lanjutnya, sangat tepat di tengah semakin maraknya masalah moral yang mendera bangsa dan negera tercinta. Tak hanya itu, jika ingin bangkit kembali menjadi bangsa besar, spiritualitas harus menjadi landasan dalam kehidupan sehari-hari. “Kita memerlukan ESQ untuk meningkatkan kecerdasan spiritualitas yang selama ini mengendap dalam diri kita,” ungkap lulusan S1 IAIN Sunan Gunung Jati ini.

Ia sendiri merasa perlu untuk ikut training ESQ walapun banyak yang menilai ia sudah memiliki ilmu yang memadai. “Kita harus belajar dari siapa saja, apalagi apa yang disampaikan Pak Ary membuat kita menerima wawasan baru terutama dalam hal metode,” akunya. Bukan hanya itu, ia pun mendapat manfaat lain dari training ESQ. “Saat ini, saya menjadi lebih dekat dengan Allah,” akunya.

Alumnus S2 Al Azhar Kairo Fakultas Ushuluddin jurusan Tafsir tahun 1987 ini merasa gembira dengan kehadiran Ary Ginanjar di bekas almameternya tersebut, 10 Maret lalu. “Teman-teman di sana bisa jadi sudah paham tentang kecerdasan spiritual, namun ketika mereka mendengarnya langsung dar Pak Ary, pemahaman mereka tentang hal tersebut akan lebih kokoh terpancar,” ujarnya lagi. Ia pun berharap, training ESQ akan segera “terbang” ke Mesir sehingga visi Indonesia Emas 2020 dan Dunia Emas 2050 akan segera terwujud.

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s