Training ESQ Perdana di Tanah Papua


Di tengah situasi menegangkan setelah kerusuhan massal, berlangsung training ESQ pertama kalinya di Papua. Di saat bersamaan, dilaksanakan pula training ESQ di Nanggroe Aceh Darussalam. Kini, ESQ telah menyebar dari ujung Barat sampai Timur Indonesia.

Kerusuhan pecah di Papua, Kamis 16 Maret lalu. Peristiwa yang terjadi tepat di depan Universitas Cendrawasih (Uncen), Abepura tersebut memakan korban 3 orang meninggal dari kesatuan Brimob, 1 orang dari TNI AU dan puluhan orang luka-luka. Situasi mencekam menyelimuti tanah Papua setelah kejadian tersebut. Ban-ban yang  meleleh, tangki air yang dibakar, batu-batu besar dan kayu-kayu bekas pemukul berserakan di pinggir aspal jalan.

Keesokan harinya, aksi amuk massa tersebut menghiasi berita utama di berbagai media cetak dan elektronik baik dalam maupun luar negeri. Foto-foto yang dimuat menggambarkan dahsyatnya aksi kekacauan tersebut. Nada keprihatinan terlontar dari berbagai pihak menyesalkan meletusnya peristiwa itu.

Di tengah suasana menegangkan paska kerusuhan, tak banyak yang mengetahui berlangsung training ESQ Profesional Papua I 17-19 Maret di Gedung Gubernur Sasana Krida, Jayapura yang berjarak hanya 1 jam perjalanan dari lokasi kejadian. Sebanyak 143 peserta mengikuti training ESQ yang digelar untuk pertama kalinya di provinsi paling timur Indonesia tersebut dengan dipandu oleh Aminul Rahman Pulungan yang menrupakan kader Ary Ginanjar Agustian.

Sebuah peristiwa sarat pesan terjadi beberapa saat sebelum bentrokan antara massa dan aparat keamanan. Saat itu (16 Maret 2006) sekitar pukul 10:35 WIT setiba di Bandara Sentani menuju Jayapura, mobil di belakang rombongan tim ESQ yang menempuh perjalanan 8 jam dari Jakarta, terhenti di depan Uncen akibat pemblokiran jalan oleh para demonstran, tepat setelah tim ESQ melintas. Tak dapat dibayangkan jika saat itu rombongan masih berada di Jalan Raya Sentani, yang menjadi lokasi kejadian menggemparkan tersebut.

Konflik yang diikuti dengan bentrokan cukup berdampak psikologis. Rasa khawatir dan cemas akan menjalarnya kerusuhan ke Jayapura sedikit menghantui. Namun, tekad kuat membara untuk menyebarkan nilai-niai 165 membuat semuanya sirna.

Training ESQ berjalan lancar, tanpa hambatan berarti. Peserta yang datang dari Pemerintah Daerah Papua, Pertamina, Bank Mandiri maupun perorangan tampak sangat antusias mengikuti acara. Suasana haru dan semangat mewarnai hampir di setiap sessi acara training, hingga tampak tak ada beda walau peserta datang dari latar belakang yang berbeda. Semuanya tumpah ruah dalam kebersamaan nilai-nilai spiritualitas sebagai makhluk Tuhan, Sang Maha Pencipta.

“Training ESQ seperti menyadarkan saya akan pentingnya nilai-nilai spiritualitas. Sebagai manusia, kita harus menjaga nilai-nilai tersebut selama menjalani kehidupan. Training ini kita seperti di sadarkan untuk menjaga nilai-nilai itu,” ujar Edwin Sjarif, karyawan Pertamina Jayapura, Papua.

Selama ini, Edwin melanjutkan, ia telah banyak mendengar tentang ESQ. “Teman-teman sering membicarakan ESQ, namun saya belum ada kesempatan untuk mengikutinya,” katanya. Ia pun merasa beruntung ketika akhirnya bisa ikut serta dalam training ESQ.

Sementara Utari, karyawati sebuah bank swasta di Jayapura mengaku lebih mantap dalam menjalani hidup. “ Saya jadi benar-benar mengetahui apa yang harus saya lakukan dalam hidup ini,” akunya. Ia pun terkenang dengan perbuatan yang pernah dilakukannya di masa lalu. Saat training, tambahnya, dirinya seperti ditegur oleh Allah. “Saya merasa bersyukur diberikan kesempatan mengikuti training ESQ ini,” ungkapnya lagi.

Alumnae Training Support (ATS) yang membantu pelaksanaan training ESQ tak kalah gembiranya dengan training ESQ perdana di ranah Papua yang berjalan sukses walaupun saat suasana keamanan kurang kondusif. “Alhamdulillah, training ini bisa dilaksanakan, sebelumnya setiap alumni memang berusaha menyebarkannya walau dari mulut ke mulut. Namun di keluarga, kami sengaja mengundang masyarakat untuk memperkenalkan ESQ, kami pinjamkan buku dan memutarkan VCD.” ujar Hanardono alumni ESQ yang menjadi ATS.

Begitu pula dengan Rina, yang merupakan alumni ESQ Profesional Palembang. “ Karena suami bekerja di Jayapura, maka saya ikut di sini dan membantu panitia training. Sulit rasanya menggambarkan perasaan bahagia saya training ini dapat dilaksanakan di Papua mengingat keadaan di sini yang kurang kondusif,” terangnya.

Berbagai kisah menarik mengiringi pelaksanaan training. Saat materi berlangsung, misalkan, tandu yang digunakan bukanlah tandu yang biasanya digunakan di tempat-tempat training lainnya, melainkan tempat tidur dorong yang dipinjamkan dari sebuah rumah sakit. Panitia pun mengalami kesulitan mendapatkan gedung untuk tempat training. Satu-satunya gedung yang memenuhi kriteria adalah kantor gubernur yang akhirnya dipinjamkan oleh pemda setempat selama tiga hari.

Segala keterbatasan dan situasi konflik tak menghalangi jalannya training ESQ. Selain karena pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, ini juga karena semangat “Total Action” yang tak pernah padam yang dimiilki rombongan tim ESQ, alumni dan panitia setempat. Semangat inilah yang mampu menorehkan tinta emas sejarah ESQ karena disaat bersamaan, juga berlangsung training ESQ di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam.  Dengan demikian, dari ujung Timur dan ujung Barat Indonesia, sudah dilaksanakan training ESQ. Tak berlebihan, jika cita-cita Indonesia Emas 2020 akan segera menjadi kenyataan.

Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. (QS: 55: 17)

One comment

  1. Aslm.slmt pg.alhmdllh,ada ESQ d Jypra,gratis lg,utk guru2.sy mengkti trainingx n woww bngt.wkt msk k t4 trainingx sy sempat bertanya2,ini kgtn apaan sih,koq glp2an?msk sekali,2 kl,ee koq malah ketaghn.hehehe.klrx jg plong,rign,n brsmgt baru.mkx jd rs tambh.pengen terus.n wkt ada training utk levl slnjtx,yellow belt diumumkn,sy pikr perlu n buth utk recharge ht,pikrn,n lgkh sy.jd deh sy ikt n gabung lg.insyaALLAH ada rjki,wkt,n ksmptn,sy pengen bngt gabung lg,recharge lg utk training lnjtn yg dgr2 nih akn dilksnakn pd bln Juni d Jypra n ktmu lgsg dgn bpk Ary.

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s