Sespim Polri Training ESQ Lagi


Suasana Training ESQ Profesional Sespim Polri Lembang, Jawa Barat, 4-6 September 2008

”ESQ penting untuk mewujudkan Polri Emas,” kata Kepala Sespim Polri Irjen Pol Drs Dwi Purwanto. ”Tugas kami sangat berat.” Jika tidak cerdas emosi dan spiritual, ”Kita akan menyakiti rakyat.”

Untuk kali kedua, training ESQ dilaksanakan di Sekolah Pimpinan (Sespim) Polri, Lembang, Jawa Barat, 4-6 September. Sebanyak 375 perwira siswa (Pasis), 30 di antaranya perwira tinggi (Pati) Polri mengikuti kegiatan tersebut. Selama dua hari, mereka diajak untuk mengenal jatidiri dan Sang Pencipta.

Training ESQ Sespim Polri Angkatan Pertama berlangsung akhir April lalu. Saat itu, sebanyak 300 Pasis menjadi peserta. Total, sudah 600 lebih Pasis menjadi alumni ESQ. Mereka adalah calon pemimpin Polri di masa depan untuk tingkat menengah dan tinggi. ”Untuk menyetak pemimpin, tak cukup hanya dengan IQ saja,” kata Kepala Sespim Polri Irjen Pol Drs Dwi Purwanto.

Sespim Polri, kata kelahiran Surabaya, 23 Februari 1951 itu, membutuhkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) untuk melahirkan pemimpin Polri yang tangguh. ”ESQ penting untuk mewujudkan Indonesia Emas dan Polri Emas,” ujarnya.

Selama ini, pelajaran yang diterima dari para pakar, hanyalah sampai pada tataran kognitif dan intelektual saja. Padahal, untuk mendapatkan kader pemimpin yang tangguh tak hanya berbekal IQ saja. ”Kami perlu EQ dan SQ untuk menyiptakan kemampuan inovasi dan menganalisis dengan tepat dalam mengantisipasi perkembangan zaman,” kata Dwi.

ESQ, lanjut Dwi,”Bisa memberikan kesadaran atau pemahaman bahwa tugas, pangkat atau jabatan merupakan amanah dari Allah.” Kesadaran itu sangat penting karena,”Tugas kami sangat berat,” ujar Dwi lagi. Makanya, jika tidak cerdas emosi dan spiritual,”Kita akan menyakiti rakyat.”

Training Angkatan Kedua itu terasa istimewa. Pertama, dilangsungkan di bulan Ramadhan. Kedua, di antara 375 peserta, terdapat 43 peserta yang beragama Kristen, Hindu dan Budha. ”ESQ itu universal, meski banyak menggunakan ajaran islam,” kata Dwi.

Pimpinan ESQ Leadership Center Ary Ginanjar menyambut gembira terselenggaranya kegiatan itu. ”Ini bentuk dukungan kami untuk mewujudkan Polri yang profesional,” kata Ary. ERWYN KURNIAWAN

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s