Hasil Survey Training ESQ Lembaga Pemerintahan: Optimisme Indonesia Bangkit


Pimpinan dan karyawan berbagai departemen Kabinet Indonesia Bersatu optimis terhadap masa depan Indonesia, setelah training ESQ. Mereka juga bertambah semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Ini merupakan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga riset independen, Arga Pillar. Survey dilakukan terhadap 983 orang. Untuk diketahui, jumlah sampel yang memenuhi standar riset adalah 316 orang. Mereka adalah peserta training ESQ Indonesia Emas.

Peserta training ESQ Indonesia Emas dari berbagai lembaga pemerintahan: Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, Departemen Perhubungan, Departemen Sosial, Departemen Dalam Negeri, Departemen Perindustrian, Departemen Kehutanan, Departemen Koperasi dan UKM, Sekretariat Negara, Lembaga Administrasi Negara, Badan Kepegawaian Nasional dan sebagainya.

Training ESQ Indonesia Emas telah berlangsung hingga lima angkatan, berlangsung mulai April 2008 hinga Juli 2008. Jumlah alumninya sekitar 4.000 orang. Training ini merupakan kerjasama antara ESQ Leadership Center, Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ dan lembaga terkait.

Ada dua pertanyaan yang diajukan terkait dengan keyakinan akan dampak training ESQ terhadap bangsa. Pertama, apakah training ESQ menambah otpimisme terhadap kebangkitan Indonesia? Mereka menjawab sangat yakin. Persentase keyakinan itu mencapai 4,4% dari kemungkinan tertinggi 5%. Pertanyaan kedua, apakah mereka merasakan pentingnya hidup bagi kemajuan bangsa? Mereka juga sangat yakin. Persentasenya 4,35%. (Lihat grafik 1)

Indonesia akan bangkit. Ini bukan slogan kampanye. Ini adalah keyakinan yang dimiliki oleh alumni ESQ. Mereka optimistis, bangsa ini akan keluar dari jurang krisis. Keyakinan itu, mereka miliki setelah mengikuti training ESQ Indonesia Emas.

Tingkat keyakinan serupa juga terjadi saat mereka ditanya tentang dampak training ESQ pada diri. Mereka sangat yakin (4,37%) training ESQ menambah semangat dalam melayani masyarakat. Mereka sangat yakin (4,29%), training ESQ menambah semangat memajukan instansi. Mereka sangat yakin (4,28%), training ESQ bisa membuat mereka menjalankan 7 Budi Utama (Jujur, Tanggungjawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, Peduli). Terakhir, mereka juga sangat yakin (4,39%), training ESQ membuat mereka merasakan pentingnya pekerjaan yang mereka jalani bagi semua orang. (Lihat grafik 2)

”ESQ akan menjadi kurikulum di BKN,” ujar Kepala Bagian Umum Pusat Diklat Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Syarif Ali. Menurutnya, fokus pendidikan di BKN adalah manajemen pemberantasan korupsi. Beberapa bulan lalu, BKN sudah merancang kurikulum. Namun, setelah mengikuti training ESQ, Syarif akan memperpanjang waktu pelaksanaan diklat dan akan diberikan pula materi ESQ.
”ESQ sangat tepat karena membahas tentang karakter, yang memang paling penting daripada hanya strategi,” ujar Basseng, kasubdit Diklat Struktural Lembaga Administrai Negara (LAN). Menurutnya, ini sejalan dengan materi diklat kepemimpinan LAN yang banyak berisikan karakter dan strategi. ”ESQ diharapkan bisa mengisi mindset setiap individu di LAN. ESQ relevan dengan kurikulum di LAN terutama untuk calon pegawai negeri yang akan direkrut,” ujar Basseng.

Ary Ginanjar bersyukur, di tengah keterpurukan bangsa akibat tekanan ekonomi, dan masalah sosial, ternyata training ESQ bisa membangkitkan optimisme masyarakat akan kebangkitan bangsa. (Erwyn Kurniawan)

2 comments

  1. Alhamdulillah…. saya bisa merasakan optimisme itu menyebar dan menjadi bola energi yang luar biasa.. Dan atas Rahmat Allah, Indonesia menjadi Emas !!!

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s