495 Calon Hakim Se-Indonesia Ikuti Training ESQ


Untuk keempat kalinya, Mahkamah Agung (MA) melaksanakan training ESQ. Peserta kali ini 495 orang. Mereka adalah calon hakim dari seluruh Indonesia. Mereka berasal dari tiga bidang peradilan yakni Peradilan Umum, Agama dan Tata Usaha Negara. “Ini untuk membangun mental,” ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan (Diklat) MA, Hj Sumarni Marzuki.

Menurut Sumarni, seorang hakim tak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual, namun juga butuh kecerdasan emosional dan spiritual. Itu, “Agar mereka adil dan jujur saat akan mengambil keputusan,” katanya. Untuk mencapai tujuan itu, maka training ESQ dijadikan sebagai bagian dari program pendidikan dan pelatihan MA. Para calon hakim itu mengikuti diklat selama 42 hari, dari 12 Oktober hingga 22 November.

Training ESQ di lingkungan MA kali ini diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (pusdiklat) MA di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, 22-23 Oktober. Tiga angkatan sebelumnya diadakan Banten (2006) untuk calon hakim, untuk Kepala Pengadilan Tinggi se-Indonesia di Jakarta, dan calon hakim Peradilan Agama di Bogor.

Diklat dilaksanakan sebagai proses pendidikan sebelum mereka resmi menjadi hakim. “Setelah itu, mereka akan diberi surat keputusan dan ditempatkan ke berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Sumarni lagi.

Para peserta terlihat antusias selama mengikuti acara. Mereka baru menyadari bahwa sifat-sifat yang dimiliki hakim antara lain adil dan jujur, sesungguhnya adalah bersumber dari Asma’ul Husna.

“Insya Allah, ESQ akan membuat saya dapat mengambil keputusan sesuai hati nurani,” kata Calon Hakim Pengadilan Negeri Jepara, Jawa Tengah, Eri Sutanto. Ia yakin, ESQ akan menjadikan para hakim memiliki kepribadian yang bijaksana dan berakhlaqul karimah.

“Insya Allah dengan landasan ihsan dan moral, saya akan memberikan keadilan yang seadil-adilnya,” kata Muammar, calon hakim Pengadilan Agama Maros. (Karyati Niken Sugesti)

2 comments

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s