Puluhan Ribu Alumni ESQ Siap Banjiri Makassar


Sebuah perhelatan interna­sional akan digelar di Ma­kassar. Tajuknya: Ra­pat Kerja Nasional FKA ESQ dan Temu Alumni ESQ Internasional. Pusat kegiatan ber­langsung di Celebes Convention Center (CCC), mulai 21-23 Novem­ber 2008 yang merupakan gedung pertemuan terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

Diperkirakan lebih dari 10 ribu alumni yang tergabung dalam Forum Komunikasi Alumni (FKA ESQ) akan memadati Makassar. Selain dari Indonesia, mereka datang dari Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Eropa dan Amerika Serikat. FKA ESQ sendiri terdiri dari sembilan Koordinator Wilayah (Korwil) Internasional, 29 Korwil Nasional, 110 Koordinator Daerah (Korda) dan 30 Koordinator Kecamatan (Korcam).

“Kami senang mempersiapkan ini semua karena kami akan bertemu dengan alumni ESQ sedunia. Kami akan bertatap mata dan bertegur sapa,” kata DR. Ir. Hj. Majdah Agus Arifin Nu’mang, ketua panitia acara yang juga istri wakil gubernur Sulsel.

Temu alumni ESQ seperti itu, digelar setahun sekali. Tempatnya bergantian. Pertama kali diselenggarakan pada Januari 2006 di Istora Senayan, Jakarta.

Kemudian, pada 2007, di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pada Temu Alumni ESQ kali ini, akan digelar berbagai kegiatan. Selain rakernas FKA, sebagai agenda utama, beberapa rangkaian acara pendukung juga sudah disiapkan panitia dengan matang. Di antaranya, pameran produksi daerah masing-masing Korwil, apresiasi Korwil se-Indonesia, seminar dan talkshow, ladies program, gerak jalan santai, tadabbur alam dan wisata kota. Tarian kolosal Sulawesi Selatan dari lima suku akan ditampilkan sebagai pembuka acara.

Beberapa artis ibukota yang juga alumni ESQ sudah menya­ta­kan kesiapannya hadir di Makas­sar untuk memeriahkan acara. Mereka antara lain, grup nasyid SNADA, Opick, Debu. Sebanyak 300 anggota Fosma 165 Sulsel juga akan dikerahkan sebagai relawan guna membantu panitia.

“Ini bukan pertemuan biasa. Namun, sebuah wujud nyata dari keluarga besar ESQ untuk mewujudkan Indonesia Emas 2020, Indonesia yang mandiri secara ekonomi pada 2030 dan Indonesia yang menjadi negara adidaya pada 2050,” kata Ketua Umum FKA ESQ Ary Ginanjar.

Indonesia Emas 2020, ujar Ary, ketika 7 Budi Utama (Jujur, Tanggungjawab, Disiplin, Visioner, Kerjasama, Adil, Peduli) menjadi karakter bangsa. “Ini adalah tahapan pertama untuk membangun Indonesia sebelum mandiri secara ekonomi dan menjadi adidaya,” kata Ary lagi.

Untuk mewujudkan cita-cita mulia itu, tiga lapisan alumni ESQ akan total action. Pertama, FKA ESQ. Kedua, Forum Silaturrahim Mahasiswa 165. Ketiga, Shotteens (Silaturrahim of Teens) yang merupakan wadah alumni ESQ usia remaja. “Inilah bentuk komitmen kami mewujudkan Indoensia Emas 2020 di segala bidang,” ujar Ary. HANAFI HARRIS PUTRA HASIBUAN, ILHAM MUCTHAR

One comment

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s