200 Perwira Polri Siap Memimpin


hasanudin-wakapolri

Direktur PR ESQ LC Hasanuddin Tho­yieb, Wakapolri Komjen. Pol. Makbul Padmanagara, Kasespim Polri Irjen Pol. Dwi Purwanto (kiri-kanan)

“Saya tidak ragu para per­wira ini sanggup meng­emban tugas yang akan diberikan, karena para per­wira telah diberi berbagai ilmu dan keterampilan oleh lembaga Sespim,” kata Wakapolri, Komjen. Pol. Drs. R. Makbul Padmanagara, dalam sambutannya pada Penu­tupan Pendidikan Sespati Polri Dikreg Ke-15 dan Sespim Polri Dikreg Ke-47 Tahun Pendidikan 2008, di Aula serbaguna Sekolah Staf & Pimpinan Polri, Lembang Bandung, 12 Desember lalu.

Hari itu, 200 orang perwira siswa (pasis) dinyatakan lulus dan siap untuk mengemban tugas baru di berbagai wilayah di Indonesia. Suasana bahagia dan haru me­nyelimuti kegiatan tersebut.

Berbagai bekal ilmu dan kete­rampilan telah diperoleh para pa­sis yang akan menjadi staf dan pimpinan Polri pada manajemen tingkat tinggi dan menengah. Di antaranya: kemampuan mengenali, menyermati, dan memahami per­kem­bangan lingkungan strategis, mengaudit dan meningakatkan kondisi kesehatan organisasi, me­lak­sanakan strategi dan kebijakan melalui penyelenggaraan manaje­men keamanan dalam tugas pe­me­liharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegakan hukum.

Selain berbagai kompetensi taktis dan teknis tersebut, Sespim membekali para pasis dengan ilmu kecerdasan emosional dan spiritual, melalui training ESQ yang dilaksanakan bulan September lalu.

”Untuk menyetak pemimpin tak cukup hanya dengan IQ saja, dibutuhkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) untuk melahirkan pemimpin Polri yang tangguh. ESQ penting untk mewujudkan Indonesia Emas dan Polri Emas,” kata Kepala Sekolah Staff dan Pimpinan Polri, Irjen Pol. Dwi Purwanto. Karena itulah, Sespim Polri menggandeng ESQ Leadership Center, dan menjadikan ESQ sebagai salah satu dari kurikulum pendidikannya.

Pada kesempatan itu dibaca­kan pula Pakta Integritas Perwira Polri lulusan Sespati Polri Dik­reg Ke-15 dan Sespim Polri Dik­reg Ke-47 Tahun Pendidikan 2008 dan orasi ilmiah. Orasi Ilmiah itu berisi Pokok-pokok Pi­kiran dalam Merumuskan Asas-asas Kepemimpinan Polri yang terangkum dalam 7 poin: Keimanan & Ketakwaan, Patuh hukum & Tanggungjawab, Jujur & Rendah Hati, Ketauladanan & Pengayoman, Visioner, serta Penyelaras & Pemberdayaan.

Di akhir acara, dilaksanakan penandatanganan prasasti “Mari Berubah & Belajar Melayani” dan nota kesepahaman Sespim de­ngan ESQ LC —yang diwakili oleh Direktur PR Hasanuddin Tho­yieb— dan Universitas Nege­ri Yogya­karta (UNY), un­tuk kerja­sama dalam program pen­didikan & pe­ngembangan sumber daya manusia selanjutnya di ling­kungan Sespim Polri. RAHMA HAYATI


Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s