Arga Printing Cetak 10.000 Al-Qur’an Wakaf


mesin-cetak-arga-printing

Mesin cetak offset PT Arga Printing

Deru dua mesin cetak itu nyaris tak pernah putus. Yang satu, mesin cetak empat warna Speedmaster, satu lagi mesin cetak dua warna Komori. Siang malam, suaranya bersaing dengan hiruk-pikuk kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Cakung, Jakarta Timur, yang padat.

Dari mesin-mesin itulah, sudah 5,000 mushaf Al-Qur’an tercetak untuk memenuhi program Aksi Wakaf Al-Qur’an (AWAL) ESQ yang diluncurkan pada 29 September 2007. Lima ribu lagi dijadwalkan selesai akhir bulan ini. Beaya produksi untuk ke-10.000 mushaf itu adalah Rp 135 juta.
Sejauh ini, sudah ada 638 muwakif yang mewakafkan 2.804 mushaf melalui AWAL, program yang ditargetkan mencetak satu juta mushaf Al-Qur’an. ”Untuk setiap satu mushaf Al-Qur’an AWAL, muwakif menyumbang Rp. 65.000,” ungkap Benny Agusta, Ketua Pelaksana Program AWAL.

Fase penyetakan mushaf AWAL mulai berjalan Mei lalu, setelah proses persiapan sekitar delapan bulan, dari penulisan sampai pentashihan atau pengesahan oleh Departemen Agama Republik Indonesia.

mushaf-alquran-esq

Mushaf Al Quran AWAL ESQ

AWAL adalah misi pengadaan satu juta mushaf Al-Qur’an untuk dibagi-bagikan gratis ke warga muslim yang membutuhkan. Pimpinan ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar, melalui Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ bersama UPZ ESQ memrakarsai program itu karena tergugah oleh minimnya ketersediaan mushaf Al-Qur’an di Indonesia. Menurut data 2005-2006, untuk umat Islam yang berjumlah 181,53 juta jiwa, baru tersedia 3,445 juta mushaf. Berarti ada kekurangan 178 juta mushaf.

Dilihat dari kapasitasnya saat ini, AWAL memang belum seberapa dibandingkan dengan kekurangan tersebut. Andai pun tercetak satu juta mushaf setahun, maka dibutuhkan waktu 170 tahun lebih untuk menyukupinya. ”Namun, upaya itu harus dimulai,” kata Beny.

Manajer Marketing Arga Printing, Nasihin, yang juga salah satu penggiat AWAL, mengungkapkan pada 2009 ditargetkan 120.000 eksemplar mushaf Al-Qur’an AWAL tercetak, atau rata-rata 10.000 mushaf per bulan. Namun, kata dia, itu tergantung pada partisipasi muwakif.
Sejauh ini, 1.017 mushaf Al-Qur’an AWAL telah disebarkan melalui jaringan UPZ ESQ ke musola-musola di beberapa daerah, antara lain di Cilacap, Tegal, Palembang dan Banjarmasin. Sasarannya didasarkan pada rekomendasi muwakif dan jaringan UPZ.

“Kita harus terus menyebarkan Al-Qur’an, hingga setiap anak bangsa memiliknya, agar lentera itu terus menyala di hati kita,” kata pimpinan ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar saat peluncuran AWAL.

Arga Printing, yang sementara ini menjadi pelaksana tunggal pencetakan mushaf AWAL adalah salah satu perusahaan di bawah PT Arga Bangun Bangsa (ABB), yang menaungi kegiatan training ESQ. Dengan frekuensi rata-rata 100 training setiap bulan secara nasional, termasuk training program sosial (gratis) untuk guru, paramedis, penghuni lembaga pemasyarakatan dan kaum dhuafa, ABB diawaki 500-an pegawai.

Tentang nilai investasi yang ditanam secara pribadi oleh Ary untuk usaha percetakan itu, Benny menyebut angka kisaran Rp 5 milyar, termasuk untuk mesin lipat, binding, potong dan pembuat plat. Secara finansial, usaha itu memang belum bisa banyak diharapkan hasilnya. Namun, kata Benny, keberadaan Arga Printing punya makna strategis bagi keseluruhan kegiatan ESQ, termasuk untuk penerbitan buku-buku Ary Ginanjar, ESQ Magazine, brosur-brosur promosi dan lain-lain. Yanto Musthofa, Rahma Hayati

3 comments

  1. kami menawarkan ke perusahaan bapak insyaalloh kami membantu untuk repair/pabrikasi spart mesin cetak terutama shaft atau rebabit part
    tank u

    ramidi

  2. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Puji syukur kehadirat Ilahi Robbi yang telah melimpahkan iman islam kepada kita.
    Salawat dan salam kita haturkan ke nabi besar Muhammad saw,

    Saya marwan pengurus/DKM Masjid jami Al Fattaah perumahan BDB 3 Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. memohon bantuan waqaf Al Quran untuk masjid kami, sekilas cerita bahwa hari kedua setelah Iedul Fitri Al Quran dan terjemahan di masjid kami dicuri sebanyak 15 buah, adapun setiap ba’da magrib kami selalu kajian tentang Al Quran.

    melalui surat ini kami mohon kiranya mendapat bantuan waqaf Al Quran dan terjemahannya.

    atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

    Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

  3. 19 – maret – 2015

    Salam sejahtera…

    Saudara saudaraku yang baik hati dimanapun anda berada…
    Sudah satu bulan ini ada rasa yang kuat mengganjal didalam jiwa ini……
    tentang sebuah pemikiran memberdayakan yang akhirnya dapat mensejahterakan….
    memberdayakan diri sendiri dan orang banyak ….
    mensejahterakan orang banyak yang sudah barang tentu kita akan terbawa dengan sendirinya kedalam ruang lingkup sejahtera juga….

    dalam hal ini saya selaku penggagas pemberdayaan yang kurang berdaya tapi ingin memberdayakan dan mensejahterakan …..
    memohon kepada saudara saudaraku yang penuh kemuliaan hati serta dalam ruang lingkup sejahtera untuk dapat menyumbangkan :

    – buku bekas yang sudah tidak terpakai
    – kertas apa saja yang sudah tidak terpakai
    – kardus bekas yang sudah tidak terpakai….
    – surat kabar bekas yang sudah tidak terpakai…
    – atau jika ada yang tak memiliki kertas bekas dan tetap ingin memberi dengan sukarela dapat berupa uang dikirim lewat wesel pos

    silahkan saudara saudaraku kirim ke alamat ini :

    Donny Irawan
    JL . Masjid Nurul yaqin 03/07 no 15
    kp. Kebon – cinangka- sawangan- depok kota 16516 jawa barat – indonesia

    mudah mudahan jika sumbangan segala jenis kertas bekas dari rasa kasih serta kerelaan hati saudara saudaraku semua telah terkumpul dan cukup…
    akan saya jadikan modal awal sebuah wirausaha yang dapat mensejahterakan orang banyak dari segi ekonomi dan ilmu …
    dengan harapan orang banyak itu nantinya akan dapat mensejahterakan orang banyak lagi dikemudian harinya…

    saya mendoakan…kemuliaan rasa dan ke kerelaan hati saudara saudaraku semua agar mendapat imbalan kebaikan berlipat ganda dari TUHAN pencipta seluruh semesta alam….

    Terima kasih
    Donny

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s