90 Sekretaris Daerah Ikuti Training ESQ


training-sekda

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi (tengah) membuka training ESQ Indonesia Emas ke-7 yang dihadiri para sekda dan sekkab seluruh Indonesia, di Menara 165, Jakarta.

Sebanyak 90 Sekretaris Daerah dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti pelatihan ESQ pada 21-22 Desember di Menara 165, Jakarta Selatan. Program ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang dibuat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufik Effendi dengan pimpinan ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian pada akhir 2007.

Mereka antara lain berasal dari Pare-Pare, Sorong, Mojokerto, Bangli (Bali), Kabupaten Tebo (Jambi), Tasikmalaya, Mataram, dan Pangkal Pinang. Sebelumnya, di bawah koordinasi Kantor Menpan, 40 pejabat Eselon I dari berbagai instansi pemerintah mengikuti pelatihan ESQ di tempat yang sama. Bahkan, bulan lalu, instansi tersebut mengirim 120 pejabat untuk mengikuti training lanjutan ESQ Mission Statement & Character Building (MCB). 

Untuk training dasar ESQ kali ini, yang dipandu Rinaldi Agusyana, sebetulnya 500 Sekda Provinsi dan Kabupaten/Kota diundang menjadi peserta. Namun, karena satu dan lain hal, hanya 90 yang bisa hadir. Direncanakan, training untuk para pejabat yang belum bisa ikut akan diadakan dalam waktu dekat.

Menpan Taufik Effendi, mengemukakan bahwa korupsi itu terjadi jika ada kesempatan dan niat. Jika yang muncul adalah niat negatif maka terjadilah korupsi, sebaliknya jika niat positif yang muncul maka korupsi tidak terjadi. ”ESQ inilah yang akan memperbaiki niat para pejabat,” kata Taufik. Hanafi Harris Putra Hasibuan

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s