Sudah 80.000 Guru Training ESQ


pp-34

Training ESQ Peduli Pendidikan Angk ke-34, 23-25 Des di Menara 165, Jakarta

Di penghujung tahun 2008, ESQ Leadership Center bersama Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ dan Departemen Pen­di­dikan Nasional (Depdiknas) mem­buat gebrakan besar. Sebanyak 1.200 guru bantu dan honorer se-Jabodetabek, dihadirkan di ruang Grand Ballroom Granada Menara 165 Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan, untuk mengikuti training gratis ESQ Peduli Pendidikan (PP).

Training pada 23-25 Desember itu dipandu Novel Windo bersama asisten Gangga Prakasa dan Rendy Wardhana. Pemimpin ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian menyatakan rasa haru dan bangga pada para guru bantu dan honorer yang mengikuti training. 

Ary juga terharu dengan kerja keras para trainer muda kader ESQ yang berhasil membawakan training untuk 1.200 guru tersebut. Para pendidik tampak antusias mengikuti satu demi satu sesi training.

Pelatihan gratis bagi para guru itu terbilang unik. Pembiayaannya antara lain berasal dari sumbangan para peserta training ESQ Eksekutif -–biasanya digalang dalam sesi yang disebut acara ”semir sepatu.” Itu juga terselenggara atas kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Hingga kini, Program Training PP  telah menghasilkan lebih dari 80.000 alumni.

Program ESQ PP membawa visi mewujudkan lahirnya generasi emas melalui guru-guru yang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Para guru diharapkan mampu berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia dengan mengharap ridho Allah swt.
Selama ini, pendidikan di Indonesia cenderung mengagung-agungkan kecerdasan intelektual dan melupakan bagian dasar dari bangunan karakter utama manusia, yaitu kecerdasan spiritual.

Hasilnya, secara intelektual bangsa kita memang tidak kalah dari bangsa-bangsa lain, bahkan unggul. Tapi, dari segi mentalitas, kualitas bangsa ini sangat rendah. Hal itu tercermin pada banyak sekali indikator, seperti rendahnya kedisiplinan di hampir semua lini kehidupan. Kejujuran pun menjadi hal yang sangat langka, sehingga angka korupsi di negeri ini masih sangat tinggi.

Beberapa hari sebelum training ESQ PP tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) DKI Jakarta, H. Margani M Mustar, mengatakan dia terkesan dengan sekelompok alumni ESQ yang berusaha memberikan training ESQ gratis bagi para guru. Hal itu dinyatakannya dalam pertemuan dengan Ary Ginanjar bersama sejumlah peserta lain training ESQ Eksekutif Angkatan ke-76 di Menara 165. ”Ini program yang baik sekali, apalagi didukung oleh semua pihak,” kata Margani.

Menurut Ketua Yayasan Bang­kit Indonesia Emas, Lea Ira­wan, ”Pihak Dirjen akan te­rus mendukung training ESQ Pe­duli Pendidikan, melalui pro­gram-program yang berkaitan de­ngan pembinaan profesi guru,” kata Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan FKA ESQ yang membawahkan program ESQ PP itu.

Training hari ketiga diselingi penampilan Hadad Alwi. Melalui lagu berjudul Ahmad Ya Habibi, ia mengajak seluruh peserta untuk menyintai RasulNya. ”Saya ingin membawa semua yang ada di sini untuk menyintai Nabi Muhammad saw,” ujarnya.

Acara penutupan dihadiri oleh Opa Rochim Agustjik dan Oma Ana Rochim (orangtua dari Ary Ginanjar), Dirjen PMPTK Depdiknas, Dr. Baedhowi, M.Si, Lea Irawan, Iesje S. Latif selaku Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga FKA ESQ, perwakilan dari Korwil Malaysia, Korwil DKI Jakarta, Koordinator Daerah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. KARYATI NIKEN

2 comments

  1. Alangkah indahnya arti kepedulian, akan lebih indah lagi seandainya kami guru dari dari kabupaten Nun jauh di palu juga di beri kesempatan untuk ikut training ESQ ini.Kami menunggu undangannya!!!

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s