ESQ Parenting Siapkan Generasi Emas 2020


Training ESQ Parenting perdana

Training ESQ Parenting perdana di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan

ESQ Leadership Center (ESQ LC) menggelar pe­la­tihan perdana ESQ Parenting pada 27 Desember 2008 di Granada Ball­room Menara 165, Jl. Simatupang, Jakarta Selatan. Lima ratus lebih peserta dari berbagai daerah di Indonesia, serta Malaysia dan Singa­pura, mengikuti dengan antu­sias pelatihan satu hari itu.

Setelah proses penyiapan sekitar satu setengah tahun, termasuk beberapa kali ujicoba, ESQ Parenting yang telah dinanti-nanti komunitas alumni ESQ itu akhirnya diluncurkan. Pelatihan perdana dipandu langsung oleh pemimpin ESQ LC Ary Ginanjar Agustian dan beberapa kader seniornya. Kedua orangtua Ary, H. Abdul Rohim Agustjik dan Hj. Anna Rohana Rohim, hadir menyaksikan training tersebut.

Sebelum memulai pelatihan, Ary yang sudah ribuan jam me­mandu training di dalam dan luar negeri itu dengan suara bergetar mengemukakan bahwa dalam ha­ti kecilnya dia merasa belum pan­tas membawakan pelatihan ini. Se­bagai orangtua, Ary merasa be­lum memiliki pengalaman riil se­bagaimana kedua orangtuanya membesarkan dia dan adik-adiknya.

“Anak saya masih kecil-kecil,” ujar Ary seraya menambahkan bahwa pelatihan ini sesungguhnya lebih merupakan penjabaran dari pengalaman-pengalaman kedua orangtuanya. Secara spontan, Ary mengundang kedua orangtuanya naik ke panggung. Dia lalu berlu­tut di hadapan mereka untuk mengungkapkan rasa terimakasih. Tak pelak, peristiwa itu membuat para peserta larut dalam keharuan yang mendalam.

ESQ Parenting memang terpi­sah dari rangkaian berjenjang li­ma pelatihan utama Emotional and Spiritual Quotient, yaitu Pe­la­tihan Dasar, Mission State­ment & Character Building, Self Controlling, Strategic Collabora­tion, dan Total Action. Namun, pelatihan ini memiliki makna strategis bagi keseluruhan gerakan ESQ dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2020.

Pelatihan ini merupakan ta­waran ESQ LC dalam menyiapkan generasi unggul yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Melalui ESQ Parenting, masyarakat diajak menyadari betapa mendasarnya peran orangtua dalam pendidikan anak. Betapa segenap pengalaman hidup yang dilalui anak, bahkan sejak dalam kandungan, turut me­nentukan kehidupan mereka saat dewasa.

Pengaruh itu menyangkut seluruh aspek kemampuan anak, yaitu fisik, intelektual, emosional dan spiritualnya. Sehingga, setiap orang tua harus benar-benar me­mahami peran yang harus dijalankannya, dan pada akhirnya mengetahui bagaimana cara meng­asuh yang benar. Dengan pola asuh yang tepat, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang utuh, dan seluruh aspek kemampuannya akan berkembang secara optimal.

Lebih dari dua pertiga peserta pelatihan perdana ESQ Parenting adalah kaum ibu. Banyak di antara mereka merupakan pasangan sua­mi-istri, seperti Ketua Masyarakat Ekonomi Syari’ah Aries Mufti dan Winnie Aries Mufti. Tampak juga di antara peserta Direktur Sekolah Duta Bangsa Mien R Uno dan Presidium Yayasan Pita Putih Mien Dahlan Ranuwihardjo. Yanto Musthofa (ymusthofa_165@yahoo.com), Rahma Hayati (ama_bgt@yahoo.com)


Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s