Training MCB Perdana di Bandung: Menjawab Kerinduan Alumni


training MCB pertama di Bandung

“Saya berterimakasih kepada ESQ yang telah memberi andil dalam membangun moral masyarakat Jawa Barat,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Kerinduan alumni ESQ di Bandung dan Jawa Barat umumnya akan kehadiran penemu ESQ Model Ary Ginanjar Agustian, terjawab sudah. Ary Ginanjar menjadi pemandu training kelas lanjutan, Mission & Character Building (MCB) perdana di Bandung, yang berlangsung di Hotel Grand Pasundan, 28 Februari – 1 Maret 2009.

“Pak Ary memang sering menghadiri berbagai acara ESQ di Bandung, tapi baru kali inilah beliau memberikan training secara langsung di Bandung,” kata Ketua Korwil Forum Komunikasi Alumni (FKA) Jawa Barat, Djoni Rosadi.

Kesempatan itu tentu saja tidak disia-siakan oleh para alumni. Maklumlah, selama 8 tahun ESQ berkibar, baru kali ini Ary Ginanjar memberikan training secara langsung di Bandung. Sebanyak 600 peserta tercatat menjadi peserta training MCB Angkatan I Bandung itu. Mereka datang dari berbagai instansi dan daerah di Jawa Barat. Bahkan, ada pula peserta dari luar provinsi. “Alhamdulillah. Kami terpaksa membatasi jumlah peserta karena kapasitas gedung yang terbatas,” kata Kepala Cabang ESQ Leadership Center Bandung, Andi Basuni.

Ary Ginanjar sendiri mengaku terharu melihat sambutan para alumni di Bandung. “Luar biasa. Saya bangga dengan semangat warga Jawa Barat yang merupakan tanah kelahiran saya ini,” kata Ary.

Tampak hadir pada pembukaan training itu antara lain, Pengurus pusat FKA Haryo Puguh, Muhammad Fariza, R Koenarto, Ketua FKA Korwil DKI Djendri Djusman, Pengajar di Sespim Polri dan Akmil, serta Anggota DPR Happy Bone Zulkarnain.

Kendati penuh dengan nuansa spiritual, Ary menyampaikan materi MCB dengan idiom-idiom lokal. Sesekali ia juga berbahasa Sunda. Ary bahkan berlaku sebagai dalang wayang golek. “Inilah senangnya ikut training ESQ. Hati kita bisa sangat tersentuh sampai memembuat kita menangis. Tetapi kita juga sekaligus bergembira dan berbahagia,” kata Pipit Puspitawati, salah seorang peserta.

Ary mengaku bangga dengan perkembangan ESQ di Jawa Barat. Sehari sebelum training, Ary melakukan kunjungan silaturahim ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Ary bersama rombongan diterima Gubernur di kediamannya di Gedung Pakuan, Jalan Otista Bandung.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Ary menyampaikan perkembangan ESQ sebagai pembangun moral bangsa. Di Jawa Barat sendiri, tidak kurang terdapat 81.000 orang alumni ESQ.

“ESQ punya misi menjadikan 165 sebagai jalan hidup. Dan mewujudkan Indonesia Emas 2010,” kata Ary. Indonesia Emas adalah kondisi masyarakat yang telah menjalankan Tujuh Budi Utama, yaitu: jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli. “Nilai-nilai itu yang kita ajarkan melalui pengenalan Asmaul Husna,” katanya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik apa yang sudah dilakukan Ary dan ESQ. “Saya mengapresiasi pencapaian yang sudah dilakukan ESQ. Mudah-mudahan usaha yang dilakukan ESQ ini bisa bersinergi dengan berbagai pihak demi kemajuan bangsa,” katanya.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Tujuh Budi Utama ESQ bermuara untuk membentuk pribadi-pribadi yang berakhlak mulia sekaligus profesional. “Saya berterimakasih kepada ESQ yang telah memberi andil dalam membangun moral masyarakat Jawa Barat,” katanya. TAUFIK ABRIANSYAH

13 comments

  1. Wah, saya baru tau sekarang ni ada Training MCB di Bandung? Kapan ada lagi ya? Saya bisa dapat info dari mana ya kang?

    1. Assalamu’alaikum …

      Maaf saya numpang ngasi comment …

      Kebetulan kampus saya Politeknik Telkom Bandung yang beralamat di Jalan Dayeuh Kolot d samping IT Telkom insya Allah akan mengadakan IHT MCB ESQ 165 tanggal 1-2 Agustus 2009….

      Kalau ingin mengikuti kegiatan ini, hub saya di 085281766890(Arif)

  2. sayangg…. padahal kemaren saya di Bandung, perdana lagiii training nya sebagai MBC angakatan pertama kan???

    duhh, sayang saya kurang update… gimana yah caranya biar dapet jadwal training lengkap nya??

    salam satria esq
    angkatan 11
    melli

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s