Training ESQ Swagriya B2PLKLN Depnakertrans, Bekal Hadapi Tantangan Global


Di era persaingan yang kian ketat saat ini, motor penggerak pertumbuhan eko­nomi suatu bangsa tidak lagi bersandar pada aset tanah, pro­perti, mesin, dan lain-lain. Peran aset seperti itu beralih ke Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Untuk meningkatkan kualitas SDM, Balai Besar Pengembang­an Latihan Kerja Luar Negeri (B2PLKLN) menyelenggarakan pe­la­tihan ESQ Swagriya pada 27 Februari-1 Maret di Menara 165 Jakarta.

“Hal ini sangatlah tepat, dalam rangka meningkatkan kesadaran, dedikasi, perilaku dan etos kerja pegawai. ESQ sangatlah diperlukan untuk mengubah cara pandang, perilaku dan etos kerja, sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang disiplin dan produktif,” kata Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Depnakertrans, Masri Hasyar, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Produktivitas, Yunani Roaidah, saat pembukaan pelatihan.

Menurut Masri, peningkat­an mutu dan produktivitas yang opti­mal tidak bisa dicapai hanya de­ngan upaya meningkatkan penge­­ta­­huan serta keterampilan se­ma­ta. Tapi, kata dia, upaya itu harus sejalan dengan kecerdasan emosional dan spiritual. “Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tanpa peningkatan perilaku dan kinerja akan menjadi kurang berguna,” imbuh Masri.

Pelatihan diikuti 100 peserta, dengan pemandu Abdul Jabir Uksim, yang didampingi Kuncoro dan Saprianto. Ini kali kedua pe­latihan SDM berbasis nilai 165 (Ihsan, Rukun Iman dan Rukun Islam) hadir di lingkungan Depna­kertrans, setelah pelatihan di Medan November tahun lalu.
Manajemen B2PLKLN Cevest Bekasi berharap, pelatihan ESQ ini akan memberikan dampak ter­hadap para karyawannya, agar da­pat menjalankan tugas lebih baik, yang didukung dengan tim kerja yang solid, dan harmonis. Sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Rencananya, pelatihan ESQ ini akan terus dilaksanakan oleh B2PLKLN Cevest Bekasi. Bukan hanya untuk para pegawai, tapi juga untuk para calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan diberangkat­kan ke luar negeri. Upaya terse­but akan terus dilakukan B2PLKLN untuk menghadapi tan­tangan dunia.

“Karena dengan bekal dari ESQ inilah, para TKI dapat menghargai budaya luar sehingga dengan itu kinerjanya pun semakin baik,” tutur Kepala Penyelenggaraan dan Pengembangan B2PLKLN Cevest Bekasi, Muhammad Akbar. RAHMA HAYATI

3 comments

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s