Training ESQ Bagi Calon Jamaah Haji


Untuk pertama kalinya ESQ Leadership Center (ESQ LC) bekerjasama dengan PT. Sari Ramada Arafah dalam hal pembinaan jamaah haji yang dilaksanakan di Wisma Haji Ciloto, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/9). Sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, sebanyak 73 jama’ah mendapatkan Manasik Haji dari Tim ESQ tentang makna dan tujuan menjalankan ibadah Haji. Para jamaah ini rencananya akan berangkat ke Tanah Suci pada 31 Oktober 2011. 

Mengenai kerjasama dengan ESQ, pemilik PT. Sari Ramada Arafah, Raden Denci Aminuddin mengatakan, “Perusahaan ini harus diimbangi usaha dan dakwah. Jadi yang dimaksud misi dakwahnya itu kami ingin jama’ah termotivasi dengan apa yang didapatkan melalui training ini.”

Denci mengaku termotivasi se­telah melihat apa yang dipaparkan oleh tim ESQ. Walaupun isi materi yang disampaikan pada jamaah tidak jauh berbeda dengan yang mereka berikan, namun media penyampaian tim ESQ menggunakan tampilan multimedia.

“Setelah saya melihat materi yang dibawakan, ESQ dapat membentuk karakter dan jati diri jama’ah. Haji itu untuk mengembalikan jati diri untuk kembali fitrah. Salah satunya bisa dengan ESQ.”

Tak hanya itu, menurutnya materi yang dibawakan oleh ESQ dapat memotivasi jama’ah untuk membentuk karakter. Denci mengatakan, pembinaan haji yang dilakukan oleh ESQ sangat bagus untuk meningkatkan ritual selama berlangsungnya ibadah haji.

Kesan positif disampaikan para peserta calon jamaah haji. M. Ichwansyah Gani mengatakan, “Saya pikir materi ESQ ini untuk meningkatkan kemantapan dan keyakinan berhaji. Pelatihan ini cukup bagus, karena training sehari ini mampu meningkatkan persiapan ketika Haji nanti.”

Menurut Ichwansyah ESQ sangat baik dalam membentuk karakter. “Menurut saya ESQ terbaik dalam hal pembentukan karakter. Yang paling penting setelah pulang dari haji adalah harus hijrah menjadi pribadi yang bisa lebih baik,” ungkapnya.

Sedangkan istrinya, Dessiash Marini, pun merasakan manfaatnya. Ibu tiga anak ini mengatakan, “Apa yang diberikan ESQ memantapkan hati. Paling tidak membuka wawasan saya, ternyata memang banyak hal yang harus dikerjakan. Setelah haji nanti saya harus lebih baik dari sekarang, baik dari sikap maupun semuanya.”

Anwari Firdaus, peserta lain, mengatakan, “Dengan adanya training ini betul-betul kami yakin seyakin-yakinnya. Ini akan menjadi pegangan hidup kami. Dengan penjelasan dari ESQ bertambah­lah ilmu saya. Jabatan belum tentu memuliakan kita, uang belum tentu membuat kita bahagia, tapi saya yakin Allah Maha Besar mencintai hamba-hambaNya.”

“Tahun lalu kami tidak jadi berangkat. Karena saya yakin bahwa segala sesuatu berkat kebesaran Allah SWT, walaupun saya punya harta tapi kalau Allah belum mengijinkan tentu tidak mungkin akan terlaksana. Karena itu saya yakin betul Allah telah memberikan pintu buat kami untuk datang sebagai tamu Allah. Kami yakin inilah panggilan yang sangat mulia dari Allah SWT,” ungkap Anwari.

Istri Anwary, Kusmiaty, mengatakan, “Training ini memotivasi saya. Di usia saya ini memang saya sering sakit, tapi dengan adanya ini saya merasa lebih termotivasi. Saya berharap iman saya bertambah kuat. Batin saya tersentuh, alangkah bahagianya saya bisa mendapatkan ilmu dari ESQ.”

PT. Sari Ramada Arafah merupakan salah satu penyelenggara Haji Plus & Umroh, yang ditunjuk dan dipercaya oleh Pemerintah Indonesia untuk melayani jama’ah melaksanakan rukun Islam yang ke lima, guna mencapai Ridho dari Allah SWT. Rencanenya kerjasama dengan ESQ tidak hanya sampai di sini melainkan akan dilanjutkan di masa yang akan datang. (tin/sa)

Tulis Komentar Anda

