KOINmas Sinergikan Potensi Bangsa Menuju Indonesia Berkarakter


Membangun sebuah karakter yang berintegritas memerlukan latihan dan keteladanan yang berkelanjutan tanpa henti. Sebagai organisasi yang peduli dengan pembangunan karakter bangsa, Komunitas Indonesia Emas (KOINmas) yang dibentuk oleh FKA ESQ bersama Komunitas Pengusaha Anti Suap (KUPAS), dan ESQ Leadership Center ini mengadakan pertemuan dengan para alumni di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2011).

Acara yang diadakan di sela-sela Training ESQ Character Building Eksekutif angkatan ke-105 ini dihadiri beberapa tokoh diantaranya: mantan Menteri Koperasi Adi Sasono, Ketua KUPAS Ai Mulyadi, Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM Gunawan Sumodiningrat, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Cholil Nafis, Ketua FKA ESQ Jawa Barat Djoni Rosadi, Ketua FKA ESQ Jawa Tengah Tony Djoko Haryono, Irjen Pol (Purn) Dwi Purwanto, dan lainnya.

Ketua KUPAS Ai Mulyadi menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan menyatukan potensi anak bangsa yang siap bersinergi melakukan sesuatu untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik.

“Masalah bangsa kita adalah lemahnya karakter. Bisakah dengan jumlah lebih dari satu juta alumni ESQ kita menjadi pemimpin harapan bangsa yang akan datang? Kita harus tetap bersemangat dan mencari solusi bagi bangsa untuk mencapai Indonesia Emas 2020!” jelasnya penuh semangat.

Bagaimana caranya? “Kita harus mulai dengan mengerjakan hal-hal yang kita ketahui dan kita kerjakan. Insya Allah, Tuhan yang akan memberitahu apa yang harus kita kerjakan,” terangnya.

Ai mengatakan, Indonesia Emas adalah perwujudan kondisi bangsa Indonesia yang berkarakter, bermartabat, kuat, dan sejahtera serta menjunjung tinggi karakter integritas 7 Budi Utama (jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, peduli).

“Indonesia Emas dapat dicapai melalui pendirian dan pemberdayaan KOINmas untuk mensinergikan potensi-potensi bangsa dalam mewujudkan Indonesia yang berkarakter dan berintegritas,” ungkapnya.

Ai memaparkan pentahapan Indonesia Emas: Tahun 2020: Indonesia Berkarakter, yaitu kondisi bangsa Indonesia yang tampil dengan karakter 7 Budi Utama. Tahun 2030: Indonesia Bermartabat, yaitu kondisi bangsa Indonesia dengan karakter 7 Budi Utama yang semakin kuat, sehingga dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia sebagai bangsa yang bermartabat. Tahun 2045: Nusantara Jaya, yaitu kondisi bangsa Indonesia yang berkarakter, bermartabat, kuat, dan sejahtera di seluruh wilayah Nusantara yang utuh berlandasakan Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan demikian kita secara konkrit bisa mengatakan dari waktu ke waktu bahwa KOINmas beserta FKA ESQ dan para Alumni ESQ bisa bersama-sama menuju Indonesia Emas 2020, yaitu Indonesia Emas yang berkarakter, bermartabat, kuat, sejahtera, dan utuh,” harapnya.

KOINmas yang didirikan pada 14 Agustus 2011 merupakan wadah bagi penyelenggara negara, dunia usaha, dan masyarakat khususnya alumni ESQ untuk mewujudkan Indonesia Emas yang berkarakter, bermartabat, kuat, sejahtera, dan menjunjung 7 karakter integritas; jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli. (tin/sym)

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s