Pesan Nabi Yakub Menjelang Ajal


Beribu tapak menjadi jejak di setiap hari yang bergulir mengiringi usia. Begitu banyak kebaikan yang kita perjuangkan agar masa depan menjadi lebih bermakna.

Agar hitungan waktu tak menjadi tersia, berhentilah sejenak dan mari renungkan apa yang pernah ditanyakan Nabi Yakub AS kepada anak-anaknya ketika ajal sudah nampak di hadapan:

“Wahai anak-anakku, apa yang akan kalian sembah manakala aku telah tiada?”

Sebuah pertanyaan yang begitu sarat dengan cinta, meminta kepastian mengenai apa yang akan dipilih oleh keluarganya sepeninggal beliau tiada.

Sejatinya, hidup memang titian untuk berbekal menuju akhirat. Salah satu bekalnya adalah keluarga dan anak-anak yang dititipkan Sang Pemilik Cinta.

Maka, bukankah menjadi sebuah kepantasan bila jejak-jejak terbaik pun terluangkan untuk mereka? Mereka yang kelak menjadi penyaksi atas segala kebaikan yang pernah kita usahakan. Juga yang akan menjadi penerus untaian keberkahan manakala ruh telah berpulang di alam keabadian.

Karena itulah, Rasulullah bahkan pernah berpesan bahwa apa yang engkau nafkahkan untuk keluarga bahkan lebih utama dibandingkan apa yang engkau infaqkan di jalanNya. (QS. Al-Baqarah:122 & HR. Muslim)

Salam 165,
Ary Ginanjar Agustian

3 comments

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s