Makna Integritas di Balik Idul Fitri


silaturrahmi idul fitriBanyak nilai yang bisa dibawa dari perayaan Idul Fitri ke dalam kehidupan sehari-hari dan dunia pekerjaan. Salah satu yang penting adalah revitalisasi nilai-nilai fitrah, yaitu integritas. Puasa yang sudah sebulan kita laksanakan sangat membangun integritas. Meski tak ada orang lain yang mengawasi atau tak ada CCTV yang memantau, orang berpuasa benar-benar menjaga lapar dan dahaga sejak sebelum matahari terbit hingga terbenam. Bisa saja seseorang memasuki kamar dan menguncinya lalu meminum sebotol air mineral serta mengunyah sebatang coklat. Namun jarang orang yang melakukannya, bahkan cenderung sangat menikmati proses berpuasa.

Manusia yang sudah fitri atau kembali fitrah, hidup dan bertindak dengan integritas. Kita menjadi sukses dalam hal pekerjaan, pergaulan, atau bisnis juga negara dengan integritas. Hal yang sangat penting dalam hidup kita, yang jika itu sudah terjatuh, tidak ada yang mau mengambilnya lagi kecuali diri kita sendiri, yaitu kata-kata kita. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa alasan mengapa integritas itu penting dalam menjalankan pekerjaan kita di bidang apapun khususnya bisnis.

1. Kita hanya ingin berbisnis dengan orang terpercaya.

Pernahkah Anda melakukan kerjasama bisnis dengan seseorang, tapi merasa seperti ada sesuatu yang tidak benar? Hal itu bisa jadi berdasarkan pembicaraan mereka yang sering tidak konsisten atau dipercaya. Kemungkinan besar, ke depannya Anda tidak ingin bekerjasama lagi dengan orang tersebut.

Ada sebuah Aturan Emas bahwa, “Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Jika Anda melihat diri sendiri di cermin dan tahu bahwa Anda bersikap jujur ??dan memperlakukan semua orang dengan hormat dan layak, maka Anda berada di jalur yang benar”.

2. Keberhasilan masa depan tergantung apa yang Anda lakukan saat ini.

Disadari atau tidak, apa yang kita kerjakan setiap hari akan mewariskan dan menciptakan reputasi diri kita. Apa yang kita lakukan sekarang membentuk masa depan kita baik untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk, berdasarkan pada reputasi kita dan persepsi orang tentang kejujuran kita.

Untuk mengetahui apakah Anda melakukan hal yang benar untuk alasan yang tepat adalah dengan bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan.

Apakah yang Anda lakukan akan sama baiknya saat dikerjakan sendirian dengan saat berada di sekitar banyak orang (terutama yang berpengaruh)?

3. Orang-orang mengikuti pemimpin yang mereka percaya akan membawa ke tempat yang ingin dituju.

Jika Anda sedang mencari anggota untuk membangun sebuah tim, ingatlah selalu rumus di atas. Orang-orang memimpikan pemimpin yang membawa mereka ke arah yang benar dan mampu membuat keputusan yang tepat.

Menjadi pemimpin berarti melakukan hal yang benar bahkan ketika sulit untuk melakukannya. Tetap memilih jujur selalu lebih baik ??daripada menipu atau memberikan informasi yang salah. Karena jika itu terjadi berarti kita akan kehilangan prospek atau bahkan anggota tim. Melakukan hal yang benar akan menunjukkan diri sejati Anda sekaligus kemampuan memimpin Anda.

Meskipun Anda belum memiliki anggota yang langsung Anda pimpin, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai dari sekarang demi membangun integritas. Anda tidak pernah tahu siapa yang memperhatikan tindakan dan mendengarkan kata-kata Anda.

4. Satu apel buruk dapat merusak satu keranjang

Kita semua terhubung oleh jaringan manusia. Adalah hal yang wajar jika orang memiliki persepsi pada seseorang yang merupakan bagian dari kelompok yang sama. Hal ini berlaku untuk tim Anda, perusahaan Anda.

Tidak ada yang menyangkal hal itu. Sebagai contoh kasus, bisnis jaringan memiliki reputasi buruk di mata masyarakat karena salah langkah orang lain. Setiap tindakan atau kata-kata seseorang dalam sebuah bisnis atau perusahaan akan membawa satu langkah lebih dekat atau lebih jauh dari yang dapat dipercaya dalam pikiran orang lain. Hati-hati dengan integritas pribadi Anda karena dapat merusak citra organisasi, instansi, juga perusahaan.

5. Bertindak untuk hal yang Anda percaya atau orang lain akan mempengaruhi dan membuat keputusan untuk Anda.

Bersikaplah untuk hal yang Anda yakini. Jika Anda tidak memiliki integritas untuk menyatakan pikiran Anda tentang apa yang Anda percayai, orang lain pun tidak akan percaya pada Anda.

Kurangnya keyakinan pada diri sendiri akan memudahkan orang lain untuk mengatakan pada Anda sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan atau hal-hal yang keluar dari tujuan, impian, masa depan, dan keluarga Anda.

Cara terbaik untuk jujur ??adalah jujur ??dengan diri sendiri. Orang lebih cenderung percaya Anda ketika Anda asli apa adanya. Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata Anda.

Jika banyak orang yang memahami betapa pentingnya integritas, tentu banyak perubahan dalam diri individu juga dalam organisasi, instansi, perusahaan, bahkan negara. Berbagai korupsi dan kebocoran di sana-sini akan dapat dihindari. Sayang jika Idul Fitri yang dirayakan oleh sebagian besar orang Indonesia belum berhasil benar-benar merevitalisasi nilai integritas yang terbukti mampu menghantarkan pada kesuksesan individu maupun kolektif.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H.

Ary Ginanjar Agustian

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s